Muslimin Sindangkerta

sukseskan wajib belajar 12 tahun

Hasil Pelatihan EDS LPMP Kuningan

Posted by musliminsindangkerta pada 14 Juni 2011

Hari Sabtu tanggal 04 Juni 2011, sekolah kami tepatnya SMP Muslimin Sindangkerta mendapatkan undangan untuk mengikuti pelatihan Operator sekolah dalam pengisian software EDS/MSPD khusus sekolah-sekolah di wilayah Provinsi Jawa Barat. pelatihan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 07 Juni 2011 sampai dengan tanggal 10 Juni 2011. Pelatihan tersebut dilaksanakan oleh LPMP Jawa Barat dan bertempat di Hotel Tirta Sanita Kuningan.

Dalam pelatihan tersebut, LPMP memperkenalkan sebuah software pengisian EDS (Evaluasi Diri Sekolah) yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Barat. sesuai dengan VISI LPMP yaitu melaksanakan penjaminan mutu pendidikan di propinsi. Dalam melaksanakan tugas tersebut, LPMP Jawa Baart memiliki berbagai fungsi, diantaranya adalah memfasilitasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

Berkenaan dengan penguatan kapasitas lembaga (capacity building) melalui implementasi berbagai program dan kegiatan, LPMP Jawa Barat tahun 2011 mengaplikasikan kebijakan Kemdiknas melalui implementasi EDS/M-MSPD di beberapa daerah Propinsi Jawa Barat untuk membantu sekolah dalam menilai mutu penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Adapun, pada sosialisasi tersebut, LPMP memperkenalkan EDS/M-MSPD berbasis software dan kami sebagai operator sekolah/tim IT, diharuskan untuk memahami cara-cara pengisian software tersebut.

sekilas mengenai software EDS/M-MSPD di bawah ini

dengan software tersebut, yang dibuktikan dengan bukti-bukti fisik yang ada di sekolah, membuat kita (pihak sekolah) bisa introspeksi diri mengenai sekolah. dan dengan pengisian EDS ini, kita bisa mengetahui tingkatan sekolah kita, apakah sekolah kita masih berada di garis SPM (standar pelayanan minimal) atau kah sekolah kita sudah berada sesuai dengan SNP (Standar Nasional Pendidikan.

Dalam pengisian EDS/M-MSPD ini, sekolah harus membuat TPS atau Tim Pengembang Sekolah yang bertugas untuk menganalisa sekolah dan mengembangkannya sehingga mutu pendidikan di sekolah lebih baik.

Selain memperkenalkan EDS/M-MSPD berbasis software, LPMP juga memperkenalkan sebuah format EXCEL yang berasal dari JARDIKNAS, setiap sekolah harus mengisi format tersebut dan harus dikirimkan ke Jakarta (online) melalui akun DAPODIK sebelum tanggal 31 Juli 2011.

untuk mendapatkan akun dapodik, sekolah harus mengisi formulir pengajuan akun dapodik di situs http://nisn.dapodik.org/ajuan.php untuk mendapatkan akses (usename dan password) di dapodik. formulir tersebut diisi, kemudian setelah diisi, formulirnya di print, di tanda tangan oleh kepala sekolah, di cap sekolah dengan jelas, kemudian di scan ulang dan dikirim lagi forlmulir tersebut ke admindapodik@jardiknas.org melalui email yang di daftarkan di dapodik. dan setelah itu, sekolah akan mendapatkan username dan password melalui email sekolah yang terdaftar di dapodik.

login dengan username dan password tersebut seperti di bawah ini melalui situs http://operator.dapodik.org/

untuk mengirim data format excel, sekolah harus login seperti diatas kemudian upload melalui menu layanan seperti dibawah, namun untuk sekarang, proses upload belum bisa dilaksanakan (kemungkinan layanan masih diperharui)

Semoga berguna, dan semoga Mutu Pendidikan meningkat dari tahun ke tahun

Download EDS format Excel

Download EDS/M-MSPD software

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: