Muslimin Sindangkerta

sukseskan wajib belajar 12 tahun

KBM: Analisis Soal

Posted by musliminsindangkerta pada 2 Desember 2010

Dalam Kegiatan Belajar Mengajar, seorang pendidik harus menyiapkan segala bentuk hal yang berhubungan dengan Proses Belajar Mengajar.  Hal tersebut sering kali di sebut dengan Perangkat Pembelajaran. Perangkat Pembelajaran merupakan suatu perangkat yang wajib ada bagi semua pendidik untuk melangsungkan Kegiatan Belajar Mengajar dengan baik. Perangkat Pembelajaran harus di susun sebelum Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung. Pendidik harus membuat strategi dalam menyampaikan pembelajarannya kepada anak didik.

Perangkat Pembelajaran meliputi:

a. KTSP

b. Silabus

c. Program tahunan

d. Program Semester

e. RPP

f. Standar Kompetensi Lulusan

g. Evaluasi

h. Analisis Soal + Analisi Mata Pelajaran

dari point-point di atas, sering kali para pendidik tidak mempersiapkannya dengan baik. apalagi setelah Ulangan Harian atau Ulangan Semester, para pendidik terkadang lupa meng-analisis soal atau juga olah nilai.

Dalam hal meng-analisis soal dan olah nilai memang membutuhkan waktu yang senggang. sehingga, terkadang ada rasa malas untuk meng-analisis soal.

Analisis soal sangat penting dilakukan, karena hasil analisis kita bisa mengetahui sejauh mana kemampuan anak, apakah tuntas atau tidak, apakah perlu ada remedial atau tidak? tergantung dari kemampuan anak didik dan hasil analisis yang dilakukan.

Selain itu dengan analisis soal yang dilakukan setelah kegiatan Evaluasi, seorang Pendidik akan mengetahui kualitas dari soal-soal yang dibuat, apakah soal tersebut sukar, sedang, atau mudah? dan juga bisa mengetahui baik tidaknya sebuah soal (Reliabilitas dan Validitas)

Dulu, sebelum adanya teknologi seperti sekarang, untuk analisis soal, kita membuat sebuah tabel dengan isian 1 (satu) dan 0 (nol) untuk soal pilihan ganda. angka 1 (satu) untuk jawaban PG yang benar dan angka 0 (nol) untuk jawaban PG yang salah. kemudian kita olah dengan rumus reliabilitas dan validitas. untuk menentukan baik tidaknya sebuah soal.

Dengan kemajuan teknologi, analisis soal tersebut bisa di buat dalam bentuk Excel, lebih mudah, lebih simpel, dan kita juga bisa membuat formula nya sehingga bisa menghasilkan sebuah format analisis soal dalam bentuk excel. melalui format analisis soal tersebut, kita tinggal memasukkan hasil jawaban anak didik. beres, analisis selesai.

Semoga berguna.

format analisis di dapat dari hasil workshop kurikulum…

terimakasih untuk orang yang membuat. Allah memberkati. Berbagi Ilmu berbagi kebaikan.

Download Format Analisis Soal

Download Format Olah Nilai

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: