Muslimin Sindangkerta

sukseskan wajib belajar 12 tahun

Ijazah di Musnahkan (300 ribu lebih)

Posted by musliminsindangkerta pada 2 Desember 2010

BANDUNG, (30/11) – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat, melaksanakan penghapusan/pemusnahan ijazah SD, SMP, SMA, SMK, SDLB, SMPLB, dan SMALB tahun 2008/2009 dan tahun 2009/2010 sebanyak 374.839 lembar ijazah yang terdiri dari blanko ijazah, dan ijazah yang salah dalam penulisan, dengan cara dibakar.  Pembakaran dilaksanakan di area terbuka Kantor Balai Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kejuruan (BPPTKPK) UPTD Disdik Prov. Jabar Jl. Pahlawan Bandung, Selasa (30/11).

Pelaksanaan penghapusan/pemusnahan ijazah tersebut dipimpin oleh Sekretaris Disdik Prov. Jabar, Drs. Dedi Sutardi, M.Pd., didampingi oleh Kepala Subbag Kepegawaian dan Umum, Drs. Diding Gusutardy, M.Pd., beberapa pelaksana pada unit kerja terkait, dan  disaksikan oleh aparat TNI dan Polri, serta wartawan media cetak.

Pada kesempatan tersebut, Dedi mengatakan bahwa ijazah yang dimusnahkan adalah ijazah yang bermasalah, seperti salah cetak, cacat, tulisan tidak utuh atau salah tulis, sisa lebih atau blanko ijazah yang tidak terserap, serta nomor seri yang sama.

“Dengan terlaksananya penghapusan/pemusnahan sisa blanko ijazah, maka apabila di kemudian hari ditemukan ijazah yang bernomor seri sama dengan nomor seri yang tercatat dalam lampiran Berita Acara ini, maka ijazah tersebut dinyatakan tidak berlaku atau tidak syah.” Tegas Dedi.

Dedi menjamin, ijazah yang bermasalah dan tidak terserap, dipastikan tidak ada selembar pun yang tercecer,  mengingat tingkat kerawanan penyalahgunaannya yang sangat tinggi. Hingga saat ini kata Dedi, pihaknya belum menemukan kasus pemalsuan ijazah.

“Sebenarnya pencegahan dilakukan sebelum pembakaran, yakni dengan cara pemboran atau melubangi ijazah.” Ungkap Dedi.

Rincian ijazah yang dimusnahkan meliputi ijazah SD sebanyak 120.305 lembar, SMP 193.842 lembar, SMA 47.948 lembar, SMK 11.174 lembar, SDLB 513 lembar, SMPLB 526 lembar, dan SMALB 531 lembar.

 

Sumber: web Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: