Muslimin Sindangkerta

sukseskan wajib belajar 12 tahun

Krisis Moral Bangsa Indonesia

Posted by musliminsindangkerta pada 16 November 2010

Perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia sekarang ini sangat pesat. Lembaga-lembaga pendidikan semakin banyak, Teknologi semakin canggih, orang-orang pun semakin pintar. Dengan klasifikasi pendidikan yang sangat tinggi menjadikan bangsa Indonesia bukan lagi bangsa yang bodoh seperti jaman penjajahan. Apalagi menuju era globalisasi yang mengutamakan teknologi.

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) merupakan modal dasar dalam pembangunan bangsa. Bahkan dalam bidang pendidikan pun, negara Indonesia sekarang lebih menitikberatkan pendidikan berbasis IT.

Namun sering dilupakan yaitu pendidikan Iman dan Taqwa (IMTAQ). Dalam pengertian, pendidikan moral bangsa sekarang sangatlah kurang. Kalau kita melihat kasus-kasus yang ada baik kasus yang sekarang sedang di proses maupun kasus yang sudah di proses, maka kita bisa menilai sendiri bahwa moral dan akhlak bangsa ini sedang porak poranda.

Contoh sederhana yaitu kasus mafia pajak yang sekarang sedang ramai-ramainya. Atau juga kasus seksual yaitu Ariel-Luna-Cut Tari. Memang kita tidak bisa menghakimi mereka karena kita sudah mempunyai hukum yang bisa memproses mereka, bahkan kita juga tidak tahu mana yang benar dan mana yang salah. Yang harus kita garis bawahi yaitu kasus tersebut berhubungan dengan moral dan akhlak bangsa.

Selain hal diatas yang sudah jelas porsinya, banyak hal lain yang berhubungan dengan kemunduran moral dan akhlak bangsa. Yaitu terjadinya pelecehan seksual, kapanpun, dimanapun. Mungkin ada sebagian orang (wanita) yang pernah mengalami pelecehan seksual ini, baik terjadi di kendaraan umum (bus, metro mini, angkutan kota dan lain lain), tempat umum (pasar, mall, taman, dan tempat-tempat lainnya).

Mungkin hal tersebut juga yang membuat kurangnya kepercayaan masyarakat (wanita) untuk menggunakan kendaraan umum. Dan Hal tersebut (pelecehan seksual-red) juga merupakan kemunduran akhlak dan moral atau disebut krisis moral, dan itu menjadi pekerjaan rumah bangsa ini untuk membenahinya.

Mari kita sama-sama tingkatkan iman dan taqwa karena hanya dengan iman dan taqwa, bangsa ini bisa menjadi bangsa yang penuh kedamaian dan penuh kesejahteraan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: