Muslimin Sindangkerta

sukseskan wajib belajar 12 tahun

Info pengemudi ngadepin banjir

Posted by musliminsindangkerta pada 26 Oktober 2010

Met pagi semua… semoga pagi ini menjadi pagi yang indah, cerah, dan tetap semangat menghadapi segala aktivitas sahabat semua.

cuaca akhir2 ini tak menentu, pagi panas, cerah, sorenya hujan gede, mending kalo sanitasi air di kita itu sangat bagus, tapi ternyata sanitasi di Indonesia itu sangatlah buruk sehingga terjadi banjir dimana-mana..

sore kemarin, kita ketahui kota Jakarta di genangi air (dalam bahasa gaulnya “banjir”). akibat guyuran hujan yang sangat lama, dan saluran air tak mampu untuk menampung air mengakibatkan air meluber dan ikut ngantri di jalanan ibu kota yang terkenal dengan kota macet.. (hehehe)

dalam suasana macet, terus banjir, otomatis para pengendara baik sepeda motor dan mobil terjebak kemacetan dan terjebak genangan air. akibatnya kemungkinan besar sepeda motor atau mobil akan mogok dikarenakan adanya kontribusi air dalam mesin…. so, apa yang harus kita lakukan?

(pengalaman saya dan menurut para driver yang pernah ngalamin juga) bagi sahabat yang mempunyai mobil atau motor manual (bukan matik) kemudian terjebak dalam macet dan banjir seperti di Kota Jakarta kemaren, hal tersebut bisa di siasati biar mobil atau motor nya gak mogok alias mati mesinnya. gimana tuh?

pada saat banjir atau jalan tergenang air dan kemungkinan air bisa masuk ke knalpot yang bisa membuat mobil atau motor mesinnya mati, maka saat melewati genangan air yang tinggi injaklah kopling setengah dan injak gas lebih dalam. ini mengakibatkan kipas mesin mobil akan berputar lebih cepat sehingga air yang akan masuk ke mesin atau menggenangi Busi bisa teratasi oleh kencangnya putaran kipas mesin mobil, dan dengan menginjak kopling setengah, RPM akan naik akan tetapi laju mobil akan lambat sehingga akan aman dan tidak akan menabrak mobil didepannya.

selain itu juga tekanan mesin yang keluar dari knalpot akan lebih besar, sehingga air yang akan masuk ke knalpot akan terdorong oleh tekanan udara tsb.

dengan kata lain, pada saat ada genangan air yang tinggi, usahakan RPM tetap berada di atas 2 rb.

Gimana kalo air yang menggenangi jalan bisa menenggelamkan mobil? untuk itu usahakan anda untuk tidak melewati genangan air tersebut, kalo anda tetap melewati genangan air tersebut, jangan salahkan saya jika bukan hanya mobil yang mati tetapi driver nya juga bisa tenggelam. . (hehehehe)

terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: