Muslimin Sindangkerta

sukseskan wajib belajar 12 tahun

TAFAKUR KE ALAM SEMESTA Bag-1 (TATA SURYA)

Posted by musliminsindangkerta pada 25 Agustus 2010

Matahari merupakan salah satu bintang di alam semesta, Jari-jari matahari mencapai 690.000 Km (diameter 1.380.000 km). Besarnya mencapai 300.000 x besarnya bumi atau 300.000 x 6 x 1024 kg = 1,8 x 1030 kg atau lebih tepatnya lagi sekitar 1,997 x 1030 kg . Jarak antara Matahari dan Bumi sekitar 149.600.000 km atau ditempuh sekitar 498,67 detik/8,31 menit dengan perjalanan cahaya. Permukaan Matahari merupakan gas panas menyala dgn suhu 20 juta derajat celcius, lidah apinya kadang-kadang menjulang sejauh 1.500.000 km.

Matahari merupakan pusat Tata Surya yang dikemukakan oleh Astronom Polandia (1540-an) yaitu Nicolaus Copernicus dengan teorinya HELIOSENTRIS. Matahari dikelilingi oleh 9 Planet yaitu (seperti yang kita ketahui dalam pelajaran IPA)

  1. Merkurius
  2. Venus
  3. Bumi
  4. Mars
  5. Jupiter
  6. Saturnus
  7. Uranus
  8. Neptunus
  9. Pluto (disahkan pada tanggal 24 Agustus 2006 oleh Persatuan Astronomi internasional – International Astronomy Union)

    Bahkan benda langit belakangan ditemukan sempat dianggap sebagai planet baru seperti, Ceres, Sedna, Orcus, Xena, Quaoar, UB313.

    Pluto, Ceres, UB313 kini dirubah statusnya menjadi planet kerdil/katai

(menurut IAU, berdasarkan definis yang baru, hanya terdapat delapan planet, yaitu minus Pluto)

Planet-planet itu semua mengorbit (mengelilingi) Matahari. Bumi mengorbit Matahari setahun sekali atau 365 hari sekali dengan kecepatan 107.200 km/jam, bumi dikelilingi oleh atmosfer, atmosfer adalah selimut udara yang mengelilingi Bumi dan melindungi manusia dari sengatan sinar Ultra Violet Matahari. Dan itu suatu Rahmat ALLAH kepada penduduk Bumi.

Matahari juga diorbit oleh Asteroid (benda langit yang lebih kecil dari Planet dan terdapat di antara orbit Jupiter dan Mars) yang banyaknya lebih dari 100.000 Asteroid

Selain Asteroid, ada yg disebut Komet (benda antarplanet yang terdiri dari es sangat padat) salah satunya bernama komet Halley (sesuai dengan nama penemunya Edmund Halley – 1956-1742) dan Halley ini muncul 76 tahun sekali.

Satelit Bumi yaitu Bulan mempunyai jarak sekitar 384.400 km dari Bumi. Bulan tidak bercahaya, sinarnya hanya merupakan pantulan dari sinar Matahari. Ini merupakan penemuan manusia dan cocok sekali dengan Al-Qur’an:


“Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak[*]. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.

[*] Maksudnya: Allah menjadikan semua yang disebutkan itu bukanlah dengan percuma, melainkan dengan penuh hikmah.

2 Tanggapan to “TAFAKUR KE ALAM SEMESTA Bag-1 (TATA SURYA)”

  1. fullgratis said

    semoga orang-orang yang berada dalam kesesaatan segeraa bertafakur atas segala Kekuasaan-Nya. Salam

  2. AMIN… Wa’alikum Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: