Muslimin Sindangkerta

sukseskan wajib belajar 12 tahun

Tiga RSBI Berdiri di KBB

Posted by musliminsindangkerta pada 23 Januari 2010

PADALARANG,(GM)-
Kabupaten Bandung Barat (KBB) memiliki tiga sekolah rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI), yaitu SMPN 1 Lembang, SMPN 2 Padalarang, dan SMAN Cisarua. SMPN 2 Padalarang merupakan sekolah terakhir yang naik statusnya dari sekolah standar nasional (SSN) menjadi RSBI.

Bupati Bandung Barat, Abubakar mengatakan, SMPN 2 Padalarang merupakan satu dari 130 SMP di Kab. Bandung Barat yang dianggap memenuhi syarat untuk dijadikan RSBI.

“Peningkatan status menjadi RSBI ini selain untuk menjawab tantangan pendidikan, juga guna mengimplementasikan UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 50 Ayat 3, di mana pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, guna dikembangkan menjadi satuan pendidikan bertaraf internasional,” kata Abubakar saat menyosialisasikan RSBI SMPN 2 Padalarang di Padalarang, Kamis (21/1).

Kegiatan ini dihadiri pula Wakil Bupati, Ernawan Natasaputra, Kadisdikpora Kab. Bandung Barat, Agus Maolana, dan Ketua Komisi D DPRD Kab. Bandung Barat, Aep Nurdin.

Kadisdikpora, Agus Maolana menambahkan, rintisan menuju SBI ini akan dicoba dalam 3 tahun. Meskipun tidak menutup kemungkinan sebelum 3 tahun manakala semua persyaratan sudah mendukung maka status SMPN 2 Padalarang bisa ditingkatkan menjadi SBI.

“Rintisan ini akan dicoba dalam 3 tahun, jika semua standardisasi sudah terpenuhi maka SMPN 2 Padalarang akan mengalami peningkatan status menjadi SBI. Berbicara soal pendanaan akan dilakukan sharing antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMPN 2 Padalarang, Deti Rostini menuturkan, SMPN 2 Padalarang belum genap 2 tahun menjadi SSN sudah dipercaya menjadi RSBI.

“Pada prinsipnya kami sudah siap dengan program RSBI yang standardisasi gurunya minimal 20% lulusan S2 dan S3 dari universitas yang terakreditasi. Kita Rencanakan RSBI akan diterapkan mulai tahun ajaran 2010/2011 dengan tahap awal menerima 2 kelas dengan 24 orang siswa,” paparnya. (B.104)** (sumber: GALAMEDIA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: