Muslimin Sindangkerta

sukseskan wajib belajar 12 tahun

GEJALA VULKANISME

Posted by musliminsindangkerta pada 19 November 2010

Vulkanisme adalah peristiwa yang berhubungan dengan pembentukan gunung berapi dan pergerakan magma dari dalam perut bumi. Magma adalah campuran batuan dalam keadaa cair liat dan sangat panas. Pergerakan magma dari dalam bumi ini terdiri atas:

Intrusi magma (plutonisme), yaitu pergerakan magma yang tidak sampai ke permukaan bumi. Akibat dari intrusi magma ini, terjadi bermacam-macam bentukan, yaitu sebagai berikut:

a. Batolit merupakan dapur magma yang luasnya lebih dari 100 km

b. Lakolit adalah magma yang menyusup di antara dua lapisan batuan sehingga menyebabkan lapisan batuan diatasnya terangkat dan berbentuk cembung dan alasnya rata

c. Sill, yaitu lapisan magma yang menyusup di antara lapisan batuan dan bentuknya pipih

d. Hypabyssal (gang) adalah magma yang menyusup menerobos lapisan batuan

e. Apofisis, adalah semacam intrusi gang, namun lebih kecil yang merupakan cabang dari gang

f. Diatrema, adalah magma yang mengisi pada pipa letusan

Ektrusi magma adalah aktivitas magma yang sampai ke permukaan bumi. hasil Ektrusi magma, yaitu berupa erupsi dan menghasilkan gunung api.

Central Eruption (erupsi sentral), yaitu gerakan magma yang keluar dari sebuah saluran magma yang memusat pada sebuah titik seperti kawah kepundan di puncak gunung. berdasarkan sifatnya dan material yang dikeluarkan ada tiga macam gunung api dari erupsi ini, yaitu sebagai berikut:

a. Shield Volcano (gunung api perisai), erupsinya bersifat efusif (lelehan), material yang dikeluarkan bersifat cair dan membentuk lereng yang landai. contohnya gunung Kilauea, Maunaloa dan Maunakea di kepulauan Hawaii

b. Maar Volcano (gunung api Maar). erupsinya bersifat eksplosif (letusan), material yang dikeluarkan relatif sedikit, karena sumber magmanya dangkal dan sempit, bentuknya seperti cekungan dengan tanggul disekitarnya. contohnya gunung Lamongan dan Danau Eiffel di Prancis

c. Strato Volcano (gunung api strato) , gunung api yang terjadi akibat erupsi yang bersifat campuran antara efusif dan eksplosif yang bergantian terus menerus. Bentuk gunung ini banyak terdapat di Indonesia.

Gunung api yang meletus biasanya mempunyai tanda-tanda, antara lain: suhu di sekitar kawah naik, mengeringnya sumber air di sekitar gunung, sering terjadi gempa bumi, sering terjadi suara gemuruh, serta binatang-binatang yang ada mulai menuruni lereng gunung.

Pada waktu gunung api meletus, bahan-bahan yang dikeluarkan dibedakan menjadi tiga macam, yaitu material padat (efflata) meliputi bon, lapili, pasir vulkanik, debu volkanik, dan batu apung; material cair meliputi lava dan lahar, dan material bahan gas.

gunung api yang telah meletus atau telah mati disebut gejala post vulkanik. Peristiwa ini, antara lain adanya sumber gas asam arang yang berbahaya, fumarol (gas uap air), solfatar (gas belerang), makdani (sumber air mineral panas), dan geyser (mata air yang memancarkan panas secara periodik).

Letusan gunung api dapat membawa keuntungan dan kerugian. keuntungan yang didapat, antara lain material gunung api dapat menyuburkan tanah, dapat juga digunakan sebagai bahan bangunan atau mineral industri, gunung api yang menjulang dapat menjadi tangkapan air hujan, dan juga dapat menjadi daerah wisata, hutan  daperkebunan. Kerugian yang muncul, antara lain lava pijar yang dikeluarkan saat gunung api meletus dapat menyebabkan hangusnya sesuatu yang dilalui baik manusia, binatang, maupun tumbuhan. beguitu juga gas yang dikeluarkan menjadi awan panas juga sangat berbahaya bagi daerah di sekitar lereng gunung. sementara itu, jika gunung api meletus mengeluarkan lava pijar yang sangat panas, dan juga lava-lava dingin yang semuanya berbahaya bagi makhluk hidup yang dilaluinya.

(sumber: Atlas Tematik Indonesia)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: